Laut dan Hutan Dalam Satu Taman

Menghadirkan keindahan laut, berpadu dengan kesejukan hutan, dalam satu taman. Desain menarik dan unik, serta membuat ruangan lebih hidup.

Nuansa laut hadir melalui berbagai bentuk dan ukuran kerang laut, serta kolam, yang mirip palung. Suasana hutan datang dari gemericik air terjun, serta adanya pepohonan tinggi. Keduanya disatukan dan semakin cantik, dengan tambahan ornamen jembatan dan jendela kamuflase.

Taman memanfaatkan area bawah tangga. Dengan adanya taman, tampilan bawah tangga tidak lagi membosankan. Bahkan menjadikan ruangan lebih hidup.

Kolam berbentuk oval tak beraturan, dan dirancang seperti palung laut, dengan kedalaman 1m. Di tengah kolam terdapat tiga air mancur, yang menyemprot ke tengah kolam. Di sekeliling kolam inilah diletakkan berbagai bentuk dan ukuran kerang laut.

Di satu sisi kolam, terdapat undak-undakan artifisial. Undakan tersebut difungsikan sebagai tempat mengalirnya air terjun. Gemericik air terjun tersebut memberikan ketenangan, sekaligus sebagai elemen penyejuk ruangan. Pada sisi lain kolam, diletakkan sebuah jendela. Jendela hanya kamuflase, sehingga tidak dapat dibuka-tutup. Fungsinya hanya sebagai elemen dekoratif, dengan lukisan air terjun dan tanaman imitasi di baliknya.

Di area jendela, diletakkan pula pepohonan. Terbuat dari sejumlah batang dan ranting pohon, ditambah dedaunan hijau. Batang dan ranting tersebut asli, namun daun-daunnya imitasi. Area taman yang miskin sinar matahari, merupakan alasan tidak diletakkannya pepohonan asli.

Sebagai penghubung area taman dengan pijakan terbawah tangga, diletakkan sebuah jembatan beralas kayu. Selain berfungsi sebagai penghubung, jembatan juga mendukung rancangan taman secara keseluruhan.


Lokasi: Rumah Handrawan Nadesul, Pondok Indah, Jakarta.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: