Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

RUANG kosong yang berada di bawah tangga sering luput dari perhatian penghuni rumah. Padahal, ruang yang berukuran minimal di bawah tangga dapat dimanfaatkan. Dengan melihat secara jeli tiap pojok rumah Anda, ruang bawah tangga pun bisa disiasati agar tidak menjadi ruangan yang mubazir.

Sekarang, fungsi tangga ada dua. Pertama, tangga sebagai ikon atau part of interior, tidak ada space di bawah tangga, jadi di bawahnya sengaja kosong. Kedua, ruang bawah tangga dapat menjadi solusi untuk dijadikan tempat penyimpanan.

Menyiasati ruang di bawah tangga perlu pencermatan dan pertimbangan khusus terhadap luas area yang akan dimanfaatkan untuk dijadikan sebuah ruangan. Kendala awal yang dijumpai pasti masalah luas yang terbatas. Namun, hal tersebut dapat diatasi dengan kreativitas Anda dalam mendesainnya agar tetap mempunyai fungsi yang berguna.

Sekarang area tangga sudah digunakan untuk estetika juga.

Biasanya, penghuni rumah mengakali ruang bawah tangga sebagai storage (ruang penyimpanan).Selain itu, ruang bawah tangga lazim dimanfaatkan untuk kamar mandi.

jika penghuni ingin membangun kamar mandi di bawah tangga, penghuni harus memperhatikan tinggi ruangannya.

Kamar mandi butuh ruang yang tinggi di atas kepala orang dewasa. Jika kurang tinggi ruangannya, bisa dengan cara lantai kamar mandi digali lagi agar tanahnya lebih ke bawah.

rumah berkonsep modern seperti sekarang ini jarang ada yang memanfaatkan ruang bawah tangga untuk kamar mandi.

Simpel saja, kok. Saya juga hanya meletakkan bufet. Atau ruang bawah tangga juga bisa jadi tempat meja telepon. Taruh saja bersama dua kursi kecil dan teleponnya.

Ada bermacam-macam bahan material tangga yang ada di dalam rumah, seperti tangga dari material kayu, baja, atau beton. Bahan material tangga tersebut tidak berpengaruh terhadap jenis ruangannya.

Ruangan apa saja bisa dimanfaatkan di bawah tangga beton atau kayu sekalipun. Jangan khawatir karena struktur fondasi dalam pembangunan tangga sengaja dibangun dengan kokoh dan tak mudah roboh.

Yang penting itu fungsi ruang bawah tanah yang mau digunakan untuk apa dan ketersediaan ukuran areanya.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: