Mempercantik Dinding dengan Wallpaper

undefined
WALLPAPER kerap dipilih sebagai pendukung desain ruangan. Namun, penggunaannya harus diperhatikan agar tetap menunjang konsep sebuah interior.

Bagian dinding dalam rumah tak luput dari perhatian untuk mempercantik sebuah ruangan. Dinding yang biasanya hanya dilapisi cat berwarna tertentu, memiliki cara lain yang tetap membuat dinding menjadi kesatuan harmonis dengan area sekitarnya.

Walaupun cat masih menjadi pilihan utama untuk melapisi tembok, wallpaper atau pelapis dinding sebagai elemen interior juga mampu menciptakan keindahan dengan berbagai motif dan warna yang bisa dipilih. Secara harfiah, wallpaper berarti kertas dinding. Untuk lebih jelasnya, kertas tempel yang menutupi dinding sebagai benda substitusi cat.

Oleh karena itu, wallpaper pada sebuah ruangan tidak memiliki fungsi yang istimewa. Hanya menjadi dekorasi, tidak lebih. Wallpaper berfungsi untuk memperindah suatu ruangan

Wallpaper sebagai elemen interior tentu memiliki keunggulan tersendiri. Warna dan corak yang beraneka ragam menawarkan berbagai pilihan yang dapat menjadikan ruangan lebih cantik sehingga tidak monoton.

Pada permukaan dinding yang tidak rapi pekerjaannya (agak bergelombang), wallpaper dapat menutupi ketidakrapian ini. Selain itu, dinding sebuah ruangan yang ditempel wallpaper menunjukkan identitas ruangan tersebut. Misalnya, jika ada ruangan yang ditempel wallpaper bercorak tokoh kartun berwarna pink, menandakan bahwa ruangan tersebut adalah ruang tidur anak perempuan.

Dengan adanya wallpaper, suatu ruangan akan memberikan nuansa berbeda karena dinding tidak polos. Corak dari wallpaper akan menciptakan suasana dan kesan tertentu pada suatu ruangan.

Namun, wallpaper ini tidak tercipta untuk jangka panjang. Walau teknologi produksi menjadikan wallpaper memiliki daya tahan lebih lama, tetap saja belum menggantikan “kekuatan” dari cat.

Selain itu, dinding yang dicat lebih mudah dibersihkan atau dicat ulang pada situasi tertentu, sedangkan wallpaper harus diganti semuanya atau pada satu bagian yang cukup besar.

Ada kalanya wallpaper disertai dengan border. Border adalah sebutan untuk pembatas yang ditempel di bagian tengah tembok yang terpasang wallpaper. Warna border harus berbeda antara wallpaper atas dan bawah sehingga border akan tampak lebih jelas sebagai pembatas.

Meski wallpaper dapat menyemarakkan suasana dalam suatu ruang, tak semua ruang cocok dipasangi elemen interior ini.

Ruang tidur dan ruang tamu adalah dua ruangan yang sangat cocok dipasang wallpaper.

Hati-hati dengan dinding yang berhubungan dengan sisi luar dan kamar mandi karena kelembapan dinding tersebut bisa membuat wallpaper menjadi lemah dan bergelombang.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: