Menghadirkan Kolam Renang di Rumah

KOLAM renang merupakan salah satu elemen pelengkap rumah. Kehadirannya belakangan ini semakin diminati, sehingga desain kolam renang pun menjadi kian beragam.

Sekarang yang diperlukan adalah cara si penghuni rumah membuat kolam itu agar menjadi bagus dan menarik sesuai dengan estetika bangunan rumah. Membuat desain kolam renang pun tidak boleh asal. Banyak faktor yang harus diperhatikan agar kehadirannya dapat sesuai dengan desain bangunan utama.
ada delapan hal yang perlu dipikirkan penghuni rumah untuk membuat kolam renang, yakni ide dan pemikiran yang matang. Mempunyai kolam renang di rumah bisa menjadi pilihan yang baik apabila Anda memang hobi berenang. Namun, kita terkadang tidak memikirkan hal-hal lain secara matang.

Sebagai contoh, lahan yang kita miliki kecil, padahal untuk membuat sebuah kolam renang dibutuhkan lahan yang cukup luas. Sebab, area luas mendukung kenyamanan serta keamanan penggunanya. Lain halnya jika kita ingin membuat kolam ikan atau kolam tanaman air.

Tapi sekarang sudah banyak kok dijual kolam renang dari fiberglass. Kolam tersebut sewaktu-waktu bisa dipindah-pindah ke tempat lain sesuai selera. Walaupun kurang praktis, kenyataannya penggunaan kolam jenis ini dapat dijadikan solusi oleh pemilik rumah yang mempunyai lahan sempit.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah fungsionalitas. Maksudnya, fungsi apa yang hendak kita wujudkan manakala ingin membuat kolam renang?

Apakah hanya soal estetika, kemewahan, atau hal lain seperti untuk berolahraga dan alasan kesehatan? Jika semua pertanyaan telah terjawab, hal selanjutnya yang harus dipikirkan yaitu bujet.

Bujet dibagi dua: untuk pembuatan dan perawatan. Bujet pembuatan akan sangat memengaruhi luas dan volume kolam, bentuk kolam, ataupun material yang hendak digunakan.

Bujet penting dipikirkan karena akan berhubungan dengan maintenance ke depannya.

Sementara itu, bujet perawatan dialokasikan untuk kegiatan pembersihan dan pemberian zat antikuman pada kolam. Lalu, ada lagi biaya untuk alat elektrikal seperti penerangan kolam di malam hari ataupun pompa air.

Biasanya ada juga penghuni yang menggunakan jasa maintenance kolam.

Selanjutnya, jangan abaikan letak kolam renang. Pada umumnya, kolam renang dibangun di belakang rumah, meski ada pula yang meletakkannya di samping rumah bahkan di sekeliling hunian.

Jadi seolah-olah rumahnya melayang di atas air.

Letak kolam ini berkaitan dengan estetika. Kolam renang yang baik adalah yang didesain dengan penataan serta bentuk yang pas. Begitu juga aspek pendukung lainnya seperti lanskap yang tertata rapi,sehingga rumah terlihat semakin menarik.

Desain rumah ikut memengaruhi model kolam yang akan dibuat. Contohnya, bila rumah didominasi warna-warna soft, kolam renang pun disarankan menerapkan palet warna yang soft.

Berbeda jika rumah yang kita huni mengaplikasikan warna kontras. Sebaiknya kolam renang menggunakan warna yang kontras juga, misalkan lantainya pink, sementara pinggirnya berwarna ungu.

Umumnya, penghuni rumah membuat kolam renang dengan alasan ingin mendapatkan privasi. Maka itu, privasi juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Ambil contoh, wanita muslim tak mau membuka auratnya di muka umum. Lantas, mereka memilih membuat kolam di rumah sendiri agar tetap bisa menjalani hobi berenang.

Beragam Fungsi

Kolam renang memiliki beragam fungsi. Bukan hanya menampilkan fungsi estetis, melainkan juga berkaitan dengan kesehatan dan hobi. Selain itu, kolam renang juga mampu mempererat hubungan antaranggota keluarga.

Kolam renang bukan hanya arena untuk berenang, tapi juga alat pemersatu keluarga. Soalnya, keluarga inti dengan keluarga yang beda rumah atau saudara lainnya bisa menggunakan kolam ini untuk melakukan kegiatan bersama.

Kolam renang bahkan bisa menaikkan nilai jual rumah. Ini berarti kolam renang pun memiliki fungsi bisnis.

Tapi itu semua tetap dikembalikan kepada calon pembeli rumah, karena ada sebagian orang yang tidak ingin kolam renang berada di area rumah mereka. Alasannya, maintenance mahal dan tidak aman buat anak-anak.

Buat yang hobi berenang,kehadiran kolam renang di rumah tentu sangat didambakan. Bila kolam itu memang difungsikan untuk berenang, sebaiknya dibentuk persegi panjang.

Biasanya panjang minimum kolam harus mencukupi atau paling tidak disesuaikan dengan standar yang ada.

Kolam tersebut boleh dilengkapi dengan tali yang mengapung ataupun pijakan. Jika bentuk kolam ingin disesuaikan dengan selera dan estetika, Anda boleh membuat kolam renang berbentuk hati, oval, atau bahkan angka delapan yang di tengah- tengahnya ditanami pohon kelapa kecil.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: