Strategi Bikin Renovasi Ringan di Rumah

undefined

Anda bisa menghadirkan suasana alami dengan cara membuat taman, baik di depan, di belakang, maupun di samping rumah.
ANDA mulai bosan dengan tampilan rumah Anda? Punya dana lebih untuk menciptakan suasana yang lebih fresh dan “hidup”? Silahkan melakukan make over atas rumah Anda sesuai selera serta dana yang tersedia.

Kita tidak boleh menyalahkan perasaan bosan yang memang ada pada diri tiap manusia. Perasaan bosan atau jenuh merupakan sifat ekspresif manusia sebagai insan yang berakal budi. Namun, kebosanan atau kejenuhan yang berkepanjangan dapat mematikan kreativitas dan motivasi seseorang.

Demikian halnya kejenuhan terhadap suasana sekeliling, misalnya suasana rumah (tempat tinggal), yang akan berdampak pada kualitas kehidupan manusianya.

Kemerosotan kualitas kehidupan dengan sendirinya akan menarik ke bawah kualitas kerja dan ide yang bisa kita hasilkan. Mungkin Anda perlu melakukan perombakan di rumah.


Mengganti Pagar

Berdasarkan lokasinya yang berada di garis depan, tentu saja pagar memiliki nilai tambah dalam meningkatkan karakter sebuah rumah apabila dirancang sesuai keinginan serta selera pemilik rumah. Kesan yang ingin diciptakan terhadap orang yang lewat di depan rumah dan melihat pagar Anda pun bisa dipilih. Kalau pagarnya bagus dan menarik, tentu akan membuat orang yang melihat langsung tertarik untuk melihat lebih jauh ke dalam.

Desain pagar rumah mungil sebaiknya jangan terlalu rumit dan berwarna-warni. Pilihlah bentuk yang ramping, sederhana, dan proporsional terhadap rumah. Ukuran pagar yang tinggi, besar, serta terlihat “gagah” akan bagus dan pas untuk rumah yang besar serta luas seperti di perumahan elit. Sebab, walaupun pagar tinggi, tapi karena rumahnya juga besar, maka pandangan terhadap rumah akan tetap terlihat jelas dari luar. Sedangkan untuk rumah tipe mungil, sebaiknya tidak menggunakan pagar yang tinggi. Nanti rumah malah akan tertutup semua. Pilih saja pagar yang juga mungil atau transparan.


Mengubah Taman Depan

Taman sebagai representasi alam dapat Anda hadirkan ke dalam rumah. Anda bisa menghadirkan suasana alami dengan cara membuat taman, baik di depan, di belakang, maupun di samping rumah. Sebaiknya pilih tanaman yang mudah pemeliharaan serta perawatannya. Perlu diperhatikan pula seberapa cepat tanaman itu tumbuh dan berkembang, plus berapa banyak tanaman itu membutuhkan sinar matahari maupun air agar mampu tumbuh secara optimal. Dengan demikian, Anda dapat memutuskan apakah ingin menggunakan tukang kebun khusus atau tidak untuk tahap pemeliharaannya.


Mengganti Kusen

Jika bentuk kusen pintu Anda sudah terlihat ketinggalan zaman, penggantian kusen bisa menjadi alternatif. Pemilihan jenis kusen pintu yang digunakan pada sebuah rumah dapat memberi image terhadap penghuni rumah tersebut. Apakah ramah, hangat, dan terbuka atau angkuh, dingin, dan tertutup?

Untuk ekstremnya, Anda bisa mengambil contoh sebuah pintu berwarna putih dengan material yang terbuat dari aluminium dan kaca transparan, tentu itu akan memberi kesan yang terbuka sekaligus ramah. Sebaliknya, sebuah pintu pelat baja tanpa rongga bercat hitam akan memberi kesan kokoh, kaku, dan tertutup. Kesan kokoh dan besar juga dapat diciptakan dengan cara memberikan architrave di kedua sisinya sehingga pintu menjadi tampak lebih besar dari aslinya. Penggabungan dengan elemen lain, seumpama dinding batu alam ataupun granit yang berkarakter keras, akan membantu menciptakan karakter kaku serta kokoh terhadap pintu utama.


Mengubah Warna Cat

Warna merupakan salah satu elemen penting dalam kehidupan kita karena warna dapat mengubah mood atau perasaan seseorang, menciptakan suasana, dan meningkatkan gairah atau semangat bekerja. Sebagaimana yang biasa dijumpai pada makhluk dan tumbuhan yang ada di alam ini, secara umum kita dapat memilih menggunakan warna demi mencapai dua keadaan.

Yang pertama untuk menyamarkan, dan yang kedua adalah mengekspos, menarik perhatian, atau menonjolkan suatu keadaan terhadap lingkungannya. Jadi, guna menciptakan suasana yang lebih baru, namun dengan cara yang paling mudah dilakukan dan memiliki nilai ekonomis tinggi, maka ubahlah warna cat rumah Anda. Hal tersebut lebih sering dilakukan jika kita mulai bosan dengan tampilan rumah, namun kita tidak ingin mengeluarkan dana yang terlalu besar.


Mengubah Material Fasad

Sebagai tampak eksterior, alangkah baik jika Anda menggunakan material yang relatif tahan terhadap cuaca. Pilihlah batu alam yang memiliki porositas/lubang-lubang yang kecil serta berkarakter keras seperti batu andesit, granit, ataupun batu kali. Hal itu akan mengurangi kemungkinan rusak, berjamur, dan berlumut. Jangan lupa untuk memberikan lapisan/coating khusus batu alam, sehingga warnanya tetap natural serta tidak mudah pudar sepanjang tahun akibat kelembapan dan panas matahari.

Untuk tampilan beton ekspos atau bata ekspos, sebaiknya dilapisi coating. Demikian pula pemilihan jenis bata yang digunakan untuk ekspos tentu berbeda dengan batu bata biasa. Untuk tampilan yang memiliki acian dapat menggunakan cat eksterior waterproof yang bisa dengan mudah diperoleh di toko material terdekat. Tak lupa, untuk tampak samping dan belakang diberi lapisan cat waterproof guna menghindari meresapnya air yang dapat mengakibatkan kerusakan.

Untuk penggunakan keramik, marmer, ataupun granit, Anda dapat memilih yang relatif kasar permukaannya agar tidak licin namun mudah dibersihkan. Pilihlah yang sedikit lebih baik mutunya, sehingga tidak mudah rusak serta pudar warnanya. Lebih baik lagi jika menggunakan homogeneus tile, marmer, atau granit yang relatif tahan lama. Semua hal di atas akhirnya bakal dikembalikan lagi ke diri Anda masing-masing. Lepas dari masalah kecocokan dan selera, nuansa baru yang muncul di sekeliling kita senantiasa akan memberi spirit serta nuansa baru yang identik plus kental dengan hal-hal kebersihan, pembaruan, juga semangat kreatif.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: