Mendeteksi Kanker Lewat Hembusan Napas

img
Untuk mendeteksi adanya kanker, dokter biasanya melakukan uji skrining dengan menggunakan CT scan, MRI atau dengan biopsi (mengambil sampel jaringan). Tapi dengan teknologi terbaru, kanker bisa dideteksi lewat hembusan napas.

Ilmuwan telah menemukan ‘hidung elektronik’ yang dapat digunakan sebagai alat tes napas sederhana untuk mendeteksi beberapa jenis kanker yang umum terjadi, yaitu kanker paru-paru, payudara, usus dan prostat.

Dengan menggunakan sensor yang dapat mengidentifikasi perubahan kimia tubuh ini, ilmuwan tidak hanya bisa mendeteksi antara napas orang sehat dan penderita kanker, tetapi juga dapat mengidentifikasikan empat jenis tumor yang sering terjadi pada manusia.

Sementara teknologinya terus dikembangkan, perkembangan awal sudah menunjukkan adanya keberhasilan, murah dan mudah digunakan. Selain itu, uji portabel juga telah dpat membantu mendiagnosis kanker secara dini.

Jika kita dapat memastikan hasil awal dalam studi berskala besar, teknologi baru ini bisa menjadi alat sederhana untuk diagnosis dini kanker bersama dengan alat pencitraan.

mempelajari napas dari 177 orang, yang terdiri dari orang sehat dan beberapa penderita berbagai jenis kanker, untuk mendeteksi bahan kimia berbeda yang dipancarkan dari permukaan sel-sel kanker saat mulai tumbuh.

Pada penelitian sebelumnya, sensor yang dibuat dengan nanopartikel emas bisa mendeteksi kanker paru-paru melalui hembusan napas. Alat tersebut disebut dengan cancer breathalyzer test.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: