Cara Berhenti Merokok yang Tidak Biasa

Berhenti merokok memang tak mudah, apalagi jika Anda adalah perokok berat. Tapi bagi orang yang sudah menyadari bahaya merokok, segala cara akan dilakukan untuk menghentikan kebiasaannya, meskipun dengan cara yang tidak biasa. berikut beberapa cara aneh yang dilakukan perokok untuk dapat berhenti merokok:

Cinta ibu
Salah satu orang yang melakukannya adalah Sandi Sedberry, seorang ibu usia 44 tahun asal Rock Hill, SC. Sedberry merokok selama 26 tahun. November 2009, ketika ia menemukan bahwa putranya Ricky (19 tahun) mempunyai kebiasaan merokok, ia termotivasi untuk berubah.

“Kami membuat perjanjian bersama untuk berubah. Tak ada paksaan, tak ada hipnotis, saya hanya berusaha untuk memastikan anak saya tidak memiliki kebiasaan buruk juga,” ujar Sandi Sedberry.

Sedberry membeli permen karet dan ia berusaha untuk tidak merokok selama 2 bulan. Meski sulit, tapi ia berhasil. Ricky pun berhasil berhenti merokok.

Tantangan di tempat kerja

Melissa Gold, wanita usia 34 tahun asal Washington, berhenti merokok pada tahun 2001. Ia bisa berhenti karena bisa menaklukkan tantangan dari bosnya.

Tantangannya adalah perokok yang tidak merokok akan mendapat 5 dolar (sekitar Rp 45 ribu) per hari, yaitu seharga sebungkus rokok di Washington. Uang itu dibayarkan di luar uang gaji bulanan dan disimpan dalam dana berhenti merokok selama 6 bulan.

Bos di tempat kerja Gold juga membayar apapun yang karyawannya butuhkan untuk dapat berhenti merokok, seperti biaya akupuntur rokok atau membeli permen karet penghilang kecanduan nikotin.

Vitamin dan mantra

Susan Brannan, wanita 33 tahun asal Rochester, berhenti merokok dengan menggunakan permen isap vitamin C dan membaca mantra yang ditemukannya secara online (NOPE- Not One Puff Ever).

Brannan pernah mencoba berhenti merokok dengan pelega tenggorokan, tetapi ia tidak menyukai rasanya. Ia lalu berpikir menggunakan permen karet, tetapi khawatir dengan perawatan giginya.

Akhirnya, ia memutuskan menggunakan permen isap vitamin C karena ia menyukai rasa jeruk. Selain itu, mantra-mantra digunakannya untuk menyemangati diri sendiri agar bisa tergoda dari godaan rokok.

Mencari hobi baru

Beberapa orang perokok mungkin telah mencoba mengganti rokok dengan kegiatan lain. Reeve McNamara dari Atlanta menghabiskan bertahun-tahun untuk mencoba berhenti dan menemukan satu-satunya cara yang berhasil adalah lari. McNamara tak lagi merokok, ia bahkan sekarang kecanduan untuk melakukan olahraga lagi.

“Orang-orang selalu bertanya padaku, seberapa jauh saya akan berlari. Jawabannya adalah sampai saya tidak ingin merokok, dimulai dari hanya beberapa kilometer,” ujar McNamara.

Cara militer

Robert Brown, pria usia 46 tahun, direktur website How Quit, membuat model program penghentian merokok setelah ia pensiun dari marinir.

“Saya telah menemukan bahwa berhenti merokok tidak terlalu sulit ketika Anda percaya Anda bisa melakukannya. Sebagai mantan marinir, saya memiliki kepercayaan diri dan tahu bahwa saya bisa melakukannya sendiri. Tetapi ada ribuan, bahkan jutaan perokok yang bukan mantan militer dan membutuhkan bantuan untuk berhenti,” ujar Brown.

Brown mengkombinasikan teknik efektif dengan strategi boot-camp (tempat latihan calon pelaut) untuk merancang program yang dapat diikuti orang lain dengan sukses.

Prinsipnya seperti membuang semua peralatan merokok, menggunakan sistem buddy (memperbanyak sahabat), menyibukkan diri dengan aktivitas dan latihan serta mengandalkan semangat tim untuk dapat berhenti merokok.

  1. #1 by omiyan on Agustus 31, 2010 - 12:44 am

    intinya kembali kepada niat para perokok tersebut mau berhenti atau tidak, dan saya berhenti mendadak tanpa perlu ikut terapi dan itu dengan niat yang kuat.

    cara yang saya lakukan adalah :

    – mencoba berhenti selama 2 jam. dan berhasil kemudian jadi 5 dan satu hari
    – setelah itu target saya seminggu dan berhasil
    – target diperpanjang jadi satu bulan dan berhasil
    – akhirnya saya bisa melampaui hingga sekarang kurang lebih 1 tahun 5 bulan

    intinya niat yang kuat jangan setengah-setengah

  2. #2 by Slamet Mulyadi on Agustus 31, 2010 - 4:37 am

    Kunci berhenti merokok adalah “komitment untuk berhenti dari dalam diri perokok”. Saran, anjuran bahkan makian dari eksternal tidak akan menghentikan kebiasaan merokok seseorang. Kesadaran itu harus tmbuh dari lubuk hati diri sendiri, dan didorong oleh komitmen yang kuat untuk berhenti. Ada banyak cara, berolahraga misalnya.
    Saya sendiri dulu adalah perokok (sejak 1978 s/d 2001 ). Tahun 1999, pernah berhenti merokok karena sakit, tapi hanya bertahan enam bulan. Seiring dengan berjalannya usia, perlu olahraga ekstra (renang dan badminton). Saat itulah terasa sesak di dada. Tahun 2001 saya berniat berhenti merokok lagi, dengan motivasi diri tinggi. “Aku harus bisa”. Dan Alhamdulillah, sampai saat ini 2010, saya sudah tidak tertarik lagi dengan rokok.

  3. #3 by Blogger Karawang on Agustus 31, 2010 - 11:43 am

    terima kasih infonya….semoga bisa berhasil saya coba..

  4. #4 by kawansyam on Agustus 31, 2010 - 7:36 pm

    masih susah, euy😐

  5. #5 by bhenco on September 1, 2010 - 12:06 am

    lam kenal

  6. #6 by tonosaur on September 1, 2010 - 4:32 am

    wah macem2 ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: