3 ‘Junkfood’ Yang Sehat Untuk Dikonsumsi

img

Junkfood merupakan istilah yang mendeskripsikan makanan yang tidak sehat dan memiliki sedikit kandungan nutrisi. Biasanya junkfood ini ditujukan untuk makanan yang banyak mengandung lemak, makanan cepat saji dan makanan kemasan.

Mengonsumsi junkfood sering disebut-sebut sebagai kebiasaan yang buruk. Tetapi jika dikonsumsi dengan tepat, Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit, bahkan penyakit serius seperti kanker. Berikut ini adalah tiga jenis junkfood yang berguna untuk tubuh, seperti yang dikutip dari carefair:

1. Cokelat
Junkfood yang satu ini mengandung flavanoid tinggi. Flavanoid meningkatkan aliran darah dalam tubuh, merilekskan kerja pembuluh darah dan terbukti mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Cokelat yang baik untuk kesehatan tubuh adalah cokelat hitam atau ‘dark chocolate’. Manfaat yang dikandung oleh cokelat hitam ini lebih banyak daripada susu cokelat atau cokelat putih. Cokelat hitam yang rendah kalori juga berfungsi menurunkan kolesterol jahat pada tubuh.

2. Daging
Daging juga sering dianggap junkfood karena mengandung banyak lemak. Jika Anda pencinta daging, sebaiknya konsumsi daging yang dibuat tanpa bahan pengawet, seperti daging dalam kemasan.

Hindari mengonsumsi daging yang mengandung MSG dan natrium. Bahan-bahan kimia buatan tersebut hanya akan memberi dampak buruk pada tubuh.

Waktu yang tepat untuk mengonsumsi daging adalah saat makan siang. Hal ini dikarenakan kandungan omega 3 dan protein yang terkandung di dalamnya dapat membuat Anda lebih segar saat berkegiatan di siang hari.

3. Krim asam
Krim asam atau ‘sour cream’ merupakan sebuah produk susu yang kaya akan lemak. Krim asam dibuat dengan cara fermentasi krim dengan berbagai macam bakteri asam laktik. Krim asam ini biasanya dikemas dalam bentuk kemasan dan bisa dibeli di supermarket besar.

Walau sering dianggap buruk, lemak yang terkandung dalam krim asam tidak setinggi yang Anda kira. Dua sendok makan krim asam memiliki kalori kurang dari setengah sendok makan mayones dan segelas susu berlemak.

Jadi jangan takut untuk mengolesi krim asam di atas brokoli dan wortel Anda sebagai penambah rasa. Namun, tetap perhatikan berapa banyak dan berapa sering Anda mengonsumsinya.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: