Apa Arti Asma di Saat Hamil?

img

Pasokan oksigen yang kurang dapat berdampak negatif bagi perkembangan janin. Oleh sebab itu, calon ibu yang mengidap asma sebaiknya mengontrol penyakitnya selama hamil, agar kondisi kesehatan diri dan janinnya tetap terjaga.

Asma adalah gangguan pada saluran pernapasan yang disebabkan penyempitan pada otot polos dan pembengkakan selaput lendir saluran pernapasan, disertai dengan produksi lendir yang berlebihan. Gejala yang muncul pun bervariasi, mulai dari bersin-bersin ringan, sesak napas ringan, sampai penyempitan saluran pernapasan berat yang berakhir dengan kegagalan nafas.

Ibu hamil yang asmanya kambuh, akan mengalami sesak napas. Kondisi seperti ini sangat membutuhkan oksigen tambahan. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menimbulkan gangguan pada bayi seperti, lahir prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, janin meninggal mendadak, pertumbuhan janin terhambat dan suplai oksigen ke sel-sel janin tidak mencukupi.

Untuk mencegah risiko gangguan pada janin, ibu hamil sebaiknya menjaga kesehatan. Hindari timbulnya serangan asma, periksakan kehamilan secara teratur, kunjungi dokter sejak awal untuk pengobatan asma. Bila kehamilan semakin besar lakukan latihan pernapasan untuk mengurangi rasa sesak.

Jangan lupa untuk memperhatikan faktor lingkungan, karena kambuhnya penyakit asma dapat disebabkan oleh hal tersebut. Hindari hal yang dapat memicu asma kambuh dengan menjaga kebersihan dan lingkungan tempat tinggal, biasakan cuci tangan untuk meminimalkan terjadinya infeksi akibat virus dan lapisi bantal dengan sarung yang tebal agar debu tidak beterbangan.

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: