Makan Serat Cegah Flu

Makan Serat Cegah Flu
Cuaca yang tak menentu akhir-akhir ini dapat membuat kondisi tubuh turun drastis. Mudah kena flu dan mudah jatuh sakit. Padahal dengan selektif memilih makanan yang bisa menunjang daya tahan tubuh, virus flu tak bakal menyerang.

Memiliki tubuh sehat seumur hidup adalah dambaan setiap orang. Namun situasi dan kondisi lingkungan yang selalu berubah membuat daya tubuh mudah turun. Beragam virus yang menyerang mudah dihindari dengan daya tahan tubuh yang kuat. Coba saja hal berikut ini untuk membangun daya tahan tubuh.

1. Konsumsilah vitamin D: Jika cukup asupan vitamin D, maka kemungkinan kecil bakal terhindar dari masalah kesehatan, mulai dari flu sampai kanker. Vitamin D mudah didapatkan melalui paparan sinar matahari. Dalam dosis kecil ada pada ikan berlemak (salmon).

Penelitian baru di Amerika Journal of Clinical Nutrition menunjukan bahwa dengan mengkonsumsi suplemen dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Lebih dari 300 anak di Jepang yang mengkonsumsi vitamin D harian (1.200 IU) sebanyak 40%, sangat sedikit yang terkena serangan virus flu, dibandingakan yang tidak.

Studi menunjukan bahwa gizi dapat membantu sel kekebalan tubuh mengindentifikasi dan menghancurkan bakteri virus yang dapat membuat tubuh tak sehat, tutur Adit Ginde, MD, MPH, seorang peneliti kesehatan masyarakat di University of Colorado School of Medicine di Denver. Karena itu sebaiknya minimal mengkonsumsi 1.000 IU vitamin D (konsultasikan dengan dokter sebelum mengkonsumsi lebih).

2. Penuhi kebutuhan serat harian: Seseorang yang memenuhi kebutuhan serat selama enam minggu, terhindar dari infeksi bakteri. Menurut studi Jurnal Brain, Behavior dan Imunity, serat terdapat pada buah jeruk, apel wortel, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran berdaun hijau dan gandum yang dapat melawan peradangan, upayakan mengkonsumsi serat 25 sampai 38 grm sehari, ungkap seorang penulis utama Cristina Sherry, Ph. D., RD dari Universitas of Michigian, Ann Arbor.

3. Tetap Ramping: Menurut studi Tufts University orang dewasa yang memiliki berat badan berlebih dianjurkan untuk melakukan diet untuk mengurangi kalori hingga 50%. Ternyata berat tubuh yang ideal membuat daya tahan tubuh bekerja lebih baik dibandingkan mereka yang mengalami obesitas. Jadi ada baiknya mengontrol jumlah makanan yang masuk agar tidak terjadi kelebihan berat badan dan tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Perlu diingat, jika sedang menurunkan berat badan,sebaiknya jagalah mutu diet dengan mengkonsumsi buah, sayuran dan sumber protein, seperti ikan, ayam dan susu rendah lemak agar tubuh anda tetap ramping dan sehat!

  1. Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: