Nasi Udang Plus Teh Poci Hmm… Uenak Tenan!

Nasi Udang Plus Teh Poci Hmm... Uenak Tenan!
Restoran yang satu ini cocok buat mereka yang berlidah Jawa. Ada pindang kudus yang disajikan mengepul panas dalam wadah daun pisang, nasi udang, atau nasi langgi. Semuanya disajikan bertabur serundeng yang manis-manis gurih. Nyam nyam… enak tenan!

Tidak mudik alias pulang kampung lebaran tahun ini? Jika ya, bolehlah Serundeng Djawa Resto yang terletak di Jl. Gunawarman ini dijadikan tempat pelepas rindu makanan kampung halaman. Resto mungil yang menjadi bagian dari salon House of OPI ini tidak besar namun ditata cukup apik. Sayang salon di sebelah sudah tutup sehingga saya harus puas dengan mengisi perut saja.

Setelah melirik menu-menunya, ternyata hidangan Jawa di Serundeng cukup banyak. Ada pindang Kudus, nasi langgi, nasi bogana, soto tangkar, pecel Madiun, laksa, dan masih banyak lainnya. Pantaslah kalau restoran ini menyandang kata ‘Serundeng’ sebab semua menu nasinya ditaburi serundeng, yaitu parutan kelapa berbumbu yang digoreng kering sehingga rasanya manis gurih enak.

Kangen mencicipi pindang Kudus saya pun memilih menu tersebut dan seporsi nasi udang berlauk komplet untuk teman saya. Pindang Kudus ini terdiri dari irisan daging sapi yang diiris tipis-tipis serta daun melinjo. Kuahnya yang keruh kecoklatan mengepul panas dalam mangkuk berlapis daun pisang. Slurpp…rasanya lamat-lamat manis dan sedikit gurih saat dihirup perlahan.

Bagi saya yang berlidah Sumatera rasanya memang terlalu manis, namun rupanya tidak bagi teman saya yang berlidah Jawa. Setelah ditambahkan sambal barulah terasa lebih pas di lidah. Apalagi setelah disuap bersama nasi putih hangat bertabur serundeng yang cukup royal nyam…nyam uenak tenan.

Nasi udang juga tak kalah menggugah selera. Hidangan tersebut disajikan dalam wadah bambu berlapis daun pisang. Setangkup nasi putih yang juga bertabur serundeng dikelilingi aneka lauk pauk. Sebut saja orek tempe dan buncis, kentang yang diiris tipis, daging ungkep, dan udang kecil berbalut tepung tipis digoreng kering.

Hmm… nikmatnya nasi bertabur serundeng saat disantap dengan aneka lauk pauk. Kentang yang digoreng tipis terasa keriuk renyah serta dagingnya yang empuk berpadu serasi di mulut. Secangkir teh poci panas yang dihirup langsung dari cangkir tanah liat yang disajikan lengkap bersama gula batu menambah sempurna hidangan ini.

Apalagi untuk menebus kelezatan seporsi pindang Kudus dan nasi udang ini saya tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Keduanya dibandrol dengan harga Rp 25.000,00 per porsi. Ditambah Rp 10.000,00 untuk mereguk kenikmatan teh poci. Pastinya lain kali saya akan datang kembali!

Serundeng Djawa Resto
House of OPI
Jl. Gunawarman No. 81, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telp: 021-7246071

  1. #1 by Slamet Mulyadi on November 13, 2010 - 1:54 pm

    Bikin ngiler aja nih. Kapan ya bisa mampir . . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: